Penulis

February 19, 2012

Sunday, February 19, 2012
8
AYAT AL-QUR’AN  TENTANG LARANGAN BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI

Assalamualaikum Wr.Wb
Di zaman sekarang ini banyak dari kita, selaku manusia, lebih banyak mementingkan ego. Berpikir dan terus berpikir bagaimana mendapatkan kekayaan yang berlimpah untuk di nik mati sendiri, mengejar dan terus mengejar jabatan untuk disinggahi dan semua tak lebih hanya untuk kepentingan pribadinya. Tidakkah kita melihat seberapa besar kerusakan manusia terhadap alam?, apakah kita sebagai cendekia tidak tahu seberapa besar manusia-manusia,termasuk kita, menggeruk semua sumber daya alam yang tak bisa di perbaharui tanpa memikirkan apa yang terjadi pada bumi kita ini? Apakah kita sadar akan keegoisan kita sebagai manusia yang telah berdampak buruk pada alam ciptaan Allah? Dimanakah sosok khalifah fil ard?
Karena masalah-masalah di atas, dalam tulisan ini saya mencoba untuk  memaparkan dan menjelaskan ayat-ayat dalam Al-Quran yang membahas tentanglarangan berbuat kerusakan di bumi di antaranya:

Bismillahhirrohmanirrohim
“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut , di sebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”
Katakanlah : ”adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu.kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan”
(QS Ar-Rum , 30:41-42)
http://majalahteras.com/
Kesimpulan isi kandungan ayat tersebut sebagai berikut:
·         Penegasan Allah bahwa berbagai kerusakan yang terjadi di daratan dan di lautan adalah akibat ulah manusia. Hal tersebut hendaknya di sadari oleh umat manusia dan karenanya umat manusia harus segera menghentikan perbuatan –perbuatan yang menyebabkan timbulnya kerusakan di daratan dan di laut (termasuk jagat raya) dan menggantinya dengan perbuatan baik untuk kelestarian alam
·         Suruhan untuk mempelajari sejarahh umat –umat terdahulu . berbagai bencana yang menimpa terdahulu di sebabkan kemusyrikan mereka, mereka tidak mau menghambakan diri kepada Allah SWT. Mereka justru menghambakan kepada selain Allah (nafsu,di antaranya tahta dan kekayaan)

Ayat selanjutnya adalah:
“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi , sesudah (Allah) memperbaikinya dan bedoalah kepada –Nya dengan rasa takut (tidak akan di terima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-A’raf  ,7:56)
http://nonequeen.wordpress.com/

Penjelasan dari ayat tersebut adalah Allah melarang berbuat fasad/merusak . larangan berbuat fasad dalam ayat ini lebih mempertegas firman Allah dalam suraqt Ar –Rum ayat 41-42, yaitu umat manusia di larang melakukan perbuatan yang menimbulkan kerusakan di bumi setelah Allah memperbaikinya.
Dalam surat ini juga menyuruh manusia untuk selalu berdoa kepada Allah , agar Allah menurunkan rahmat –Nya. Tata krama dalam berdoa agar terkabul, antara lain hendaknya doa disertai dengan rasa takut tidak di terima oleh Allah ,dan berharap doa akan di kabulkan , dengan suara lemah lembut. Agar doa di kabulkan , kita hendaknya berupaya untuk masuk kedalam golongan muhsinin yaitu dengan selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan –Nya (berbuat ihsan).
http://desintabioholic.wordpress.com/
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang beberapa ayat yang melarang umat manusia melakukan kerusakan di muka bumi. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai cendikia muda untuk menjaga alam kita dan tegakan kembali nama manusia sebagai khalifah fil ard.


DAFTAR PUSTAKA

·           Syamsuri.2007.Pendidikan Agama Islam Untuk SMA Kelas XI.Jakarta:ERLANGGA




8 komentar:

  1. kita bisa menikmati ma'nyusnya kelapa muda karna hasil tanaman pendahulu kita, pertanyaannya sudahkah kita menanam untuk anak cucu kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kadang manusia itu lupa bahwa mereka hidup ga sendirian.

      Delete
  2. iya mas, kadang manusia itu lupa bahwa mereka hidup ga sendirian.

    ReplyDelete
  3. iya mas,,,,sungguh patut di sesalkan

    ReplyDelete
  4. sungai tercemar limbah, hutan habis d babat,satwa d bunuh; laut tercemar&hutan bakau jga d babat habis.. Giliran kenacana mereka pun tak pernah sadar klw semua ini adlh hasil ulah manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimulai dari diri sendiri dulu aja mas :)

      Delete
  5. kalo ga da pabrik buruh makan ap?kalo ga ada sumur bor buat nambang minyak n gas,,bis umum jalan pake apa?

    ReplyDelete